Home » » Anak Zina Tidak Masuk Surga

Anak Zina Tidak Masuk Surga

Written By bloger Muslim on Monday, December 8, 2014 | 8:09 AM

Maksud Hadis Anak Zina Tidak Masuk Surga


Ada sebagian orang berpendapat yang menyatakan bahwa anak dari zina itu, semua amalnya tidak akan diterima oleh Allah Swt. Dan  tidak  akan  masuk  surga  selama-lamanya. Pendapat seperti  ini sangat merugikan  dan  membahayakan , karena  bisa  jadi anak yang terlahir dari perbuatan zina akan merasa kotor dan hina, sehingga ia putus asa dan pada akhirnya akan melakukan hal-hal yang asusila, tidak  mau  melakukan  hal-hal baik karena beranggapan  percuma saja melakukan kebaikan kalau pada akhirnya tidak akan masuk surga.
 

Pendapat tersebut tidaklah benar adanya, anak yang terlahir dari perbuatan zina tetap suci sebagaimana bayi-bayi lainnya, kedua orang tuanyalah yang berdosa karena telah berbuat zina, hanya yang membedakan dengan bayi lainnya adalah status kewalian dan hak warisnya.
 
Adapun menyikapi hal ini, para ulama sependapat (menggunakan jalan kesepakatan atau ijmak) setiap orang yang beriman dan beramal saleh, baik pria maupun perempuan tentu masuk surga, walaupun orang tersebut lahir dari hasil perzinaan. Adapun sabda Rosulullah Saw. Yang menyatakan bahwa: "Anak zina tidak akan masuk surga” itu diartikan tidak bersama-sama golongan yang masuk surga pertama kali.
 
Sebagaimana keterangan dalam  Kitab Al Siraj Al Munir  ‘ala al-Jami 'al-Shaghir, karangan Imam Al Al ‘Azizi, halaman 20 sebagai berikut :
 
Bahwasanya Rasulullah bersabda: "Anak zina tidak bisa masuk surga". Menurut al-Munawi, bahwa yang dimaksud adalah tidak masuk surga bersama rombongan pertama penghuni surga. Hal ini bertentangan dengan firman Allah dalam Surat Al Fatir ayat 18. "Dan orang-orang yang berdosa tidak akan memikul dosa orang  lain”. Yakni tercegahnya anak tersebut masuk surga bersama rombongan penghuni surga, dimaksudkan sebagai penjera terhadap ibu dari perbuatan zina oleh adanya kasih sayang ibu kepada anaknya. Jika si ibu mengetahui tentang ketercegahan anaknya untuk masuk surga, maka ia akan menghindari zina dan kemudian berusaha untuk melakukan yang halal. Dengan demikian maka yang dimaksud dari hadis di atas adalah mencegah perzinaan.
 
Demikian artikel tentang Maksud Hadis Anak Zina Tidak Masuk Surga , semoga barokah. Amiin.
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

 
Support : Privacy Policy | Disclaimer
Copyright © 2013. kajian islam - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger