Home » » Tarawih dan Tadarus

Tarawih dan Tadarus

Written By telaah santri on Saturday, May 9, 2015 | 6:48 PM

Doa tarawih

Tarawih dan Tadarus

Pada saat bulan ramadhan seluruh ummat muslim melaksnakan ibadah shalat sunnah tarawih, meskipun jumlah rokaat dan tata caranya berbeda, tetapi tetap melaksankannya. Ada yang melaksanakan dengan metode bacaan shalat nya pelan-pelan, tetapi jumlah rokaatnya sedikit, ada juga yang melaksanakan  cara sholat dengan bacaan agak cepat tetapi jumlah rekaatnya lebih banyak. 
Setelah sholat tarawih, disunnahkan membaca dzikir setelah sholat dan membaca doa shalat tarawih atau sering disebut dengan doa kamilin sebagai berikut:
Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.
Ya Allah, jadikanlah kami orang-orang yang imannya sempurna, orang yang menjalankan ibadah fardhu, yang menjaga terhadap sholat, yang menunaikan zakat, yang mencari segala kebaikan disisiMu, yang mengharapkan ampunanMu, yang senantiasa berpegang teguh pada petunjukMu, yang terhindar dari hal-hal yang tidak berguna, yang zuhud di dunia, yang mencintai kehidupan akhirat, yang menerima qodlo' / kepastian, yang bersyukur terhadap nikmat, yang sabar terhadap cobaan, yang pada hari kiamat (kelak) berada dalam satu barisan dibawah naungan panji junjungan kami Muhammad SAW, yang sampai mendatangi telaga, yang masuk kedalam surga, yang terhindar dari neraka, yang duduk di tahta kehormatan, yang menikahi (didampingi) para bidadari, yang mengenakan baju kebesaran dari sutera yang berwarna warni, yang menikmati hidangan surga, yang minum susu dan madu yang bersih dari gelas-gelas dan. kendi-kendi yang tak pernah kering, bersama-sama dengan orang- orang yang telah Engkau beri nikmat, dari para Nabi, para shiddiqin, para syuhada' dan orang-orang sholih. Dan baik sekali menjadi teman (mereka). Demikianlah kemurahan dari Allah dan kecukupan dari Allah yang Maha Mengetahui. Ya Allah, jadikanlah kami didalam malamnya bulan ini yang mulia dan barokah termasuk golongannya orang-orang yang bahagia dan diterima, dan jangan Engkau jadikan kami dari golongannya orang-orang yang celaka dan tertolak. Semoga Allah melimpahkan rohmat kepada junjungan kami, Muhammad, keluarga dan para sahabatnya semua, dengan kasih sayangMu wahai Dzat Yang Maha Pengasih diantara para pengasih.

Kemudian disunnahkan pula membaca doa berikut:
Doa Sholat tarawih

Ya Allah, terimalah wudlu kami, shalat kami, khusyu' kami, tadlorru' kami, puasa kami, tarawih kami, witir kami, tahlil kami, takbir kami, tamjid (mengagungkan) kami, bacaan kami, dan seluruh amal kami, sesungguhnya engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu, jangan Engkau lemparkan amal-amal kepada kami wahai Tuhannya semua alam, wahai yang terbaik diantara para penolong, dengan kasih sayangMu wahai Yang Maha Pengasih dari para pengasih. Ya Allah, dengan kasih sayang yang engkau bagi kepada kami pada malam yang mulia, bebaskanlah jiwa kami (dari neraka), jiwa ayah-ayah dan ibu-ibu kami, jiwa kakek dan nenek kami, dan jiwa orang-orang sebelum dan sesudah kami dari ummat Muhammad SAW. Wahai Dzat Yang Mulia, wahai Dzat Yang Maha Pengampun, wahai Tuhannya seluruh alam.

Kemudian melakukan sholat witir satu rokaat, atau tiga rokaat dan seterusnya. Pada separuh yang akhir (malam ke 16 sampai akhir Ramadhan), pada akhir rokaatnya sholat witir disunnahkan membaca doa qunut, yaitu :
bacaan doa qunut

Setelah witir disunnahkan membaca wirid berikut ini, masing-masing dibaca 3 kali. 
shalat witir

Selain melaksanakan shalat tarawih, selama bulan Ramadhan dianjurkan untuk lebih mengintensifkan membaca Al-Qur'an atau tadarus al quran siang maupun malam, terlebih utama lagi pada sepuluh hari terahirnya bulan Ramadhan. Selain nilai pahala yang berlipat ganda di bulan Ramadhan, juga dengam harapan agar dapat menemui malam lailatul qodar , dimana amal ibadah yang dilakukan bertepatan dengan malam lailatul qodar nilainya lebih baik dan lebih utama dari amal ibadah seribu bulan. Rosulullah SAW bersabda:
"Paling utamanya ibadah ummatku adalah membaca Al Qur'an".
"Bacalah Al-Qur'an, sesungguhnya Al-Qur'an besok pada hari kiamat akan mensyafaati (menolong) terhadap orang-orang yang membacanya".

Sayyidina Ali berkata : "Barang siapa membaca Al-Qur an ketika sedang berdiri dalam sholat, maka setiap hurufnya mendapat pahala seratus kebaikan, jika sedang duduk dalam sholat, maka setiap hurufnya mendapat pahala lima puluh kebaikan, jika dibaca diluar sholat dan dalam keadaan suci, maka setiap hurufnya mendapat pahala dua puluh lima kebaikan, dan jika diluar sholat dan dalam keadaan hadats, maka setiap hurufnya mendapat pahala sepuluh kebaikan. (I'anah At-Tholibin)

Ramadhan juga disebut Syahrul Quran atau bulan dimana Al-Qur-an diturunkan. Dalam Surat Al-Baqoroh 185 Allah SWT berfirman:
"(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang didalamnya diturunkan (permulaan) Al-Qur'an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil)".

Demikian uraian tentang tarawih dan tadarus serta doa tarawih , doa qunut , dan wirid setelah shalat witir serta tadarus al quran semoga bermanfaat. Amiin.

Share this article :

2 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. KISAH CERITA AYAH SAYA SEMBUH BERKAT BANTUAN ABAH HJ MALIK IBRAHIM

    Assalamualaikum saya atas nama Rani anak dari bapak Bambang saya ingin berbagi cerita masalah penyakit yang di derita ayah saya, ayah saya sudah 5 tahun menderita penyakit aneh yang tidak masuk akal, bahkan ayah saya tidak aktif kerja selama 5 tahun gara gara penyakit yang di deritanya, singkat cerita suatu hari waktu itu saya bermain di rmh temen saya dan kebetulan saya ada waktu itu di saat proses pengobatan ibu temen saya lewat HP , percaya nda percaya subahana lah di hari itu juga mama temen saya langsung berjalan yang dulu'nya cuma duduk di kursi rodah selama 3 tahun,singkat cerita semua orang yang waktu itu menyaksikan pengobatan bapak kyai hj Malik lewat ponsel, betul betul kaget karena mama temen saya langsung berjalan setelah di sampaikan kepada hj Malik untuk berjalan,subahanallah, dan saya juga memberanikan diri meminta no hp bapak kyai hj malik, dan sesampainya saya di rmh saya juga memberanikan diri untuk menghubungi kyai hj Malik dan menyampaikan penyakit yang di derita ayah saya, dan setelah saya melakukan apa yang di perintahkan sama BPK kyai hj Malik, 1 jam kemudian Alhamdulillah bapak saya juga langsung sembuh dari penyakitnya lewat doa bapak kyai hj Malik kepada Allah subahanallah wataala ,Alhamdulillah berkat bantuan bpk ustad kyai hj Malik sekarang ayah saya sudah sembuh dari penyakit yang di deritanya selama 5 tahun, bagi saudara/i yang mau di bantu penyembuhan masalah penyakit gaib non gaib anda bisa konsultasi langsung kepada bapak kyai hj Malik no hp WA beliau 0823-5240-6469 semoga lewat bantuan beliau anda bisa terbebas dari penyakit anda. Terima kasih

    ReplyDelete

Popular Posts

 
Support : Privacy Policy | Disclaimer
Copyright © 2013. kajian islam - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger