Home » » Rasulullah Membuang Sampah pada Tempatnya

Rasulullah Membuang Sampah pada Tempatnya

Written By telaah santri on Monday, June 22, 2015 | 4:34 PM

Rasulullah Membuang Sampah pada Tempatnya

Rasulullah SAW Senantiasa Membuang Sampah pada Tempatnya

Kita sering mendapatkan tulisan di sekitar kita "Jangan buang sampah sembarangan" atau "Buanglah sampah pada tempatnya", dan lain sebagainya. Rupanya, kita memang termasuk manusia yang tingkat kesadarannya sangat rendah, sehingga selalu saja membutuhkan berbagai media sebagai peringatan. Padahal, mestinya membuang sampah dengan baik, merupakan perilaku yang bisa menyelamatkan diri sendiri dan orang lain, sebagaimana Rasulullah Saw. telah mencontohkan hal tersebut.

Hanya saja, kita sering melalaikan tentang pentingnya membuang sampah dengan benar ini. Sebagaimana diketahui, berdasarkan definisi Kamus Besar Bahasa Indonesia sampah adalah sebagai barang atau benda yang dibuang karena tidak terpakai lagi dan sebagainya; kotoran, seperti daun, kertas, plastik, dan lain-lain. Perhatian semacam ini telah disampaikan Rasulullah Saw dalam sebuah hadits berikut:
"Buanglah duri sampah dari jalan. Sesungguhnya, hal demikian itu termasuk dari sodaqahmu (sama dengan sedekah)" (HR. Bukhari).

Rasulullah Saw. begitu memperhatikan hal ini karena jika dilihat dari kaca mata kebersihan, membuang sampah pada tempatnya merupakan cara hidup yang sehat karena dalam sampah banyak sekali penyakit yang bersarang. Rasulullah Saw. sangat memahami hal tersebut, sehingga menyarankan semua umatnya untuk menjaga kebersihan lingkungan dengan membuang sampah pada tempatnya.

Selain itu, jika kita lihat dari sisi kemanfaatan, paling tidak ada dua hal:

Pertama, membuang sampah dengan baik dapat menciptakan keindahan te rsendiri di dalam lingkungan kita. Dan, keindahan akan membuat penghuninya bahagia, serta sebagai pondasi utama kesehatan. 

Kedua, kita telah menempatkan penyakit pada tempatnya yang jauh pada diri kita, yakni dengan cara membuang sampah pada tempatnya. Kecuali, sampah yang ada melalui proses produksi ulang, yang biasa dilakukan saat ini. Intinya, anjuran dari Rasulullah Saw ini sangat bermanfaat dari sisi kesehatan dan nuga keamanan.

Semoga kita semua dapat mencontoh perilaku Rasulullah Membuang Sampah pada Tempatnya , Aamiin.

Share this article :

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

 
Support : Privacy Policy | Disclaimer
Copyright © 2013. kajian islam - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger