Home » » Sehat Dengan Terapi Spiritual

Sehat Dengan Terapi Spiritual

Written By telaah santri on Tuesday, June 2, 2015 | 8:05 AM

Sehat Dengan Terapi Spiritual

Sehat Dengan Terapi Spiritual

Tidak satu pun di antara kita yang mengharapkan sakit, sebaliknya kita selalu berharap dalam keadaan sehat. Akan tetapi, secara alamiah, kita merupakan makhluk yang diberikan organ-organ yang fungsinya tidak akan selalu sempurna. Artinya, anugerah tubuh dengan segala rancangannya ini tidak selalu dalam keadaan yang prima dan sehat, seiring dengan perjalanan waktu, organ ini bisa mengalami gangguan dan cenderung melemah.

Dengan kata lain, sakit tidak dapat dicegah. Sebagaimana mati, sakit akan selalu datang kepada manusia, dan itu menunjukkan bahwa semua yang kita pakai (tubuh) semakin hari semakin melemah. Maka, yang harus kita lakukan tidak lain ialah selalu menjaganya dengan sungguh-sungguh dengan berbagai cara, baik dengan pola hidup yang sehat maupun dengan berbagai hal lainnya yang bisa menunjang kesehatan.

Sebaik-baik pengobatan adalah mencegah. Dengan dicegah, kita selalu dalam kondisi siap siaga untuk ngantisipasi datangnya penyakit apa pun yang menimpa kita. Begitu juga pada saat penyakit datang menimpa, tidak terlalu parah dan menimbulkan efek yang bahaya pada diri kita. Maka, sangat berbeda kondisi antara orang yang selalu menjaga kesehatannya dengan orang yang selalu terlalu menyepelekannya.

Setiap kita selalu diintai oleh berbagai macam penyakit yang sewaktu-waktu bisa menimpa kita. Setiap makanan yang kita makan setiap hari, bukan hanya membawa gizi untuk keperluan tubuh, melainkan juga berupa racun ataupun penyakit yang setiap saat dapat menyerang kita. Maka, kita butuh sehat dengan terapi spiritual.

Saat ini, terapi spiritual hanya dipahami sebagai sebuah sugesti seperti yang dilakukan beberapa yayasan atau lembaga pengobatan alternatif , yang di dalamnya hanya berupa penyuluhan untuk memberi pasien yang sudah sensitif pada penyakit tertentu, dan sama sekali tidak ada yang dapat dijadikan sebagai pencegahan. Hal yang akukan oleh beberapa kalangan tersebut, bukan berangkat dari kesadaran yang bersangkutan, melainkan dikondisikan sedemikian rupa, dan tujuannya hanya sebatas sembuh, serta semua yang dilakukan dan didapatkan saat terapi tidak akan bisa berkelanjutan pasca sakit.

Oleh karena itu, terapi spiritual yang dimaksud di sini, bukan sebagai terapi murni, melainkan sebagai sebuah cara atau jalan yang dapat dilakukan oleh siapa pun. Ini tidak hanya bagi mereka yang sudah jelas mengidap berbagai macam penyakit, tetapi juga bagi mereka yang masih dalam keadaan sehat. Dengan demikian, makna dari terapi spiritual ini sangat luas, serta tidak hanya dibatasi oleh terapi berupa tutorial dan pelatihan. Dalam terapi spiritual ini, kita berusaha menjadikan sisi spiritual yang dilakukan untuk kesehatan.

Terapi spiritual merupakan sebuah upaya untuk memaksimalkan segala macam sisi spiritual sebagai terapi, pengobatan, dan pencegahan. Hal ini didasarkan atas sebuah kenyataan bahwa sisi spiritual (ibadah) berujung pada kemanfaatan bagi pelakunya. Intinya, setiap ibadah yang kita lakukan bukan semata sebagai sebuah pengabdian, namun lebih dari itu berfungsi sebagai media untuk mendapatkan kemanfaatan, salah satunya berupa kesehatan. Maka, setiap kita mempunyai peluang dan kemungkinan yang sangat luas untuk menjadikan spiritual sebagai sebuah terapi untuk kesehatan.

Lantas, bagaimana terapi spiritual ini bisa membuat diri kita sehat? Ada beberapa alasan kita butuh terapi spiriual sebagai metode penyembuhan. Di antaranya ialah sebagai berikut:

1. Ibadah Apapun Berdampak Baik bagi Pelakunya
Memaksimalkan ibadah dengan baik sesuai tuntunan, serta menghayati dan merasakan makna dari setiap ibadah yang kita lakukan merupakan pintu bagi kita untuk mendapatkan berbagai anugerah dari Allah Swt. Hanya orang-orang yang melakukan ibadah dengan baik yang bisa mendapatkan dampak baik dari ibadahnya.

Dampak baik ini ialah secara lahir maupun batin, scara lahiriah, ibadah apa pun mempunyai sisi yang baik untuk kesehatan, dan sisi batinnya setiap ibadah yang ita lakukan mampu mendatangkan anugerah berupa sebuah kepuasan batin. Jika keduanya bisa kita dapatkan, peluang untuk sehat semakin banyak, seiring engan ibadah yang kita lakukan.

2. Ibadah Bisa Mendatangkan Ketenangan
Puncak kenikmatan yang tidak terhingga saat kita telakukan ibadah adalah ketenangan. Ketenangan lerupakan hal yang sangat berharga dalam kehidupan ita. Ketenangan menjadi penentu kita bisa bahagia apa dak, karena inti dasar kebahagiaan ialah ketenangan, dan ketenangan merupakan potensi yang paling besar untuk mendapatkan kesehatan.

Sementara itu, salah satu media yang sangat baik untuk mendapatkan ketenangan adalah ibadah yang baik. Sebab, dalam ibadah yang kita lakukan bisa membersihkan kita dari segala hal yang selalu mengganggu pikiran, dan kita dapat terbebas dari rasa khawatir dan segala yang menimpa kita. Sebab, kita sudah menyerahkan sepenuhnya dengan ikhlas kepada Allah Swt.

3. Ibadah Dapat Membuat Seseorang Selalu Percaya Diri
Bagi sebagian orang, rasa percaya diri merupakan hal yang sangat susah didapatkan. Dalam kondisi tidak ada harapan pada apa pun, biasanya kita dalam kondisi jiwa yang rapuh dan lunglai, dan merasa bahwa segala hal yang tidak baik selalu menimpa kita. Oleh karena itu, hanyalah ibadah yang menjadi media yang ampuh untuk menumbuhkan rasa percaya diri yang sesungguhnya. Sebab, dalam ibadah yang sungguh-sungguh terdapat banyak harapan yang tidak terhingga, sehingga dapat optimis dalam menghadapi kehidupan. Pada saat tertentu dalam kehidupan ini, kadang kita dihadapkan pada suasana yang tidak menyenangkan yang membuat kita kehilangan harapan.

4. Ibadah Selalu Membuat Orang Bahagia
Bagi sebagian orang, ibadah hanya ditujukan untuk menjalankan kewajiban. Kita jarang berpikir bahwa ibadah yang dilakukan sebenarnya selalu bermuara pada kebahagiaan. Kebahagiaan ini merupakan hal yang sanngat mendasar bagi manusia. Anehnya, kebahagiaan tidak bisa diukur dari sisi pangkat, jabatan, dan harta, meskipun hal itu menjadi pendukung bagi kebahagiaan, tetapi bukan satu-satunya yang mendukung kebahagiaan. Ini menunjukkan bahwa kebahagiaan mutlak sepenuhnya milik semua orang. Di sinilah bentuk keadilan Allah Swt. bagi setiap hamba-Nya.

Sementara itu, kita bisa meraih kebahagiaan dengan media ibadah tersebut, yakni dengan cara menyatukan diri sepenuhnya kepada Allah Swt. dengan hati yang tulus penuh ikhlas, sehingga hati kita terbuka untuk menerima anugerah kebahagiaan dari-Nya. Dalam uasana hati yang bahagia inilah, secara tidak langsung kita berinvestasi kesehatan. Maka, dapat dipastikan betapa banyak orang yang terpuruk dalam suasana hati yang tidak tenang, sehingga ia sangat jauh dari rasa bahagia, yang pada akhirnya menyebabkan ia dirundung berbagai macam penyakit.

5. Ibadah Selalu Membuat Nikmat Ruhani
Kenikmatan ruhani merupakan anugerah yang sangat agung. Jika seseorang dikaruniai kenikmatan ruhani, ia seperti menjalani hidup dalam keadaan sangat "berbunga-bunga", yang ini merupakan indikasi hati yang selalu dalam bahagia.
Bagi siapa pun, nikmat ruhani merupakan modal yang sangat besar untuk mendapatkan kesehatan. Sebab, dalam jiwa yang selalu mendapatkan kenikmatan ruhani, semua organ berjalan dengan baik, dan secara otomatis kesehatan yang sesungguhnya akan kita dapatkan.

6. Dijauhkan dari Penyakit Hati
Sebagaimana disinggung pada bab sebelumnya, penyakit hati merupakan awal terjangkitnya penyakit jasmani. Maka, dalam diri seseorang yang dipenuhi penyakit batin atau hati, dapat berpengaruh pada pola pikir, perasaan, dan lainnya, sehingga fungsi organ tubuh tidak bekerja secara maksimal. Dalam kondisi semacam ini, seseorang selalu dihinggapi berbagai macam penyakit yang berasal dari penyakit hati ini.

Jadi, ibadah yang kita lakukan dapat membuat kita sedikit demi sedikit dijauhkan dari penyakit hati yang selalu membendung sampainya rahmat dari Allah Swt. jika rahmat-Nya selalu meliputi kehidupan, kita bisa menjadi manusia yang sangat beruntung menjalani hidup sehari-hari. Inilah pondasi yang mampu menyebabkan kita mendapatkan kesehatan yang sesungguhnya.

Demikian sekelumit tentang Sehat dengan Terapi Spiritual semoga bermanfaat. Amiin.

Share this article :

1 comments:

  1. KISAH CERITA AYAH SAYA SEMBUH BERKAT BANTUAN ABAH HJ MALIK IBRAHIM

    Assalamualaikum saya atas nama Rani anak dari bapak Bambang saya ingin berbagi cerita masalah penyakit yang di derita ayah saya, ayah saya sudah 5 tahun menderita penyakit aneh yang tidak masuk akal, bahkan ayah saya tidak aktif kerja selama 5 tahun gara gara penyakit yang di deritanya, singkat cerita suatu hari waktu itu saya bermain di rmh temen saya dan kebetulan saya ada waktu itu di saat proses pengobatan ibu temen saya lewat HP , percaya nda percaya subahana lah di hari itu juga mama temen saya langsung berjalan yang dulu'nya cuma duduk di kursi rodah selama 3 tahun,singkat cerita semua orang yang waktu itu menyaksikan pengobatan bapak kyai hj Malik lewat ponsel, betul betul kaget karena mama temen saya langsung berjalan setelah di sampaikan kepada hj Malik untuk berjalan,subahanallah, dan saya juga memberanikan diri meminta no hp bapak kyai hj malik, dan sesampainya saya di rmh saya juga memberanikan diri untuk menghubungi kyai hj Malik dan menyampaikan penyakit yang di derita ayah saya, dan setelah saya melakukan apa yang di perintahkan sama BPK kyai hj Malik, 1 jam kemudian Alhamdulillah bapak saya juga langsung sembuh dari penyakitnya lewat doa bapak kyai hj Malik kepada Allah subahanallah wataala ,Alhamdulillah berkat bantuan bpk ustad kyai hj Malik sekarang ayah saya sudah sembuh dari penyakit yang di deritanya selama 5 tahun, bagi saudara/i yang mau di bantu penyembuhan masalah penyakit gaib non gaib anda bisa konsultasi langsung kepada bapak kyai hj Malik no hp WA beliau 0823-5240-6469 semoga lewat bantuan beliau anda bisa terbebas dari penyakit anda. Terima kasih

    ReplyDelete

Popular Posts

 
Support : Privacy Policy | Disclaimer
Copyright © 2013. kajian islam - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger