Home » » Puasa Bulan Rajab

Puasa Bulan Rajab

Written By bloger Muslim on Tuesday, April 28, 2015 | 6:15 AM

Bulan Rajab yang penuh dengan keutamaan

 Puasa Bulan Rajab


Ketika langit dan bumi diciptakan, Allah telah mencatat di dalam lauhul mahfudz bahwa dalam setahun ada dua belas bulan. Di anatara dua belas bulan tersebut ada empat bulan yang dimuliakan oleh Allah SWT, yaitu bulan Dzul Qa’dah, bulan Dzul Hijjah, bulan Muharram, dan bulan rajab . Memuliakan bulan-bulan tersebut adalah termasuk menegakkan agama, karenanya tidak boleh melakukan maksiat di bulan-bulan tersebut, juga bulan yang lain, malah supaya meningkatkan amalan bulan rajab yaitu dengan memperbanyak puasa, taubat dan dzikir  kepada Allah SWT.

Selain bulan Ramadlan, Rasulullah SAW sering menjalankan puasa sunnah dalam bulan Sya'ban dan bulan Rajab. Puasa bulan Rajab dan bulan-bulan yang termasuk Asyhurul Hurum hukumnya sunnah muakkad. Dalam hadits disebutkan,
“Puasa dihari pertama bulan Rajab menghapuskan dosa tiga tahun, (berpuasa) dihari kedua menghapuskan dosa dua tahun, (berpuasa) dihari ketiga menghapuskan dosa satu tahun, kemudian berpuasa pada tiap harinya bulan Rajab menghapuskan dosa satu bulan”.

Sebuah Hadits (dlo'if) menyatakan, "Barang siapa yang berpuasa di bulan Rajab satu hari sama nilainya dia berpuasa sebulan penuh".

Tentang keutamaan bulan rajab , mengutip hadits yang diriwayatkan oleh 'Aisyah RA, bahwa Rasulullah SAW bersabda, bahwa semua manusia besok pada hari akhir (kiamat) akan merasakan lapar yang teramat sangat, kecuali 4 golongan, yaitu :
1.Para Nabi dan keluarganya;
2.Orang yang berpuasa di bulan Rajab;
3.Orang yang berpuasa di bulan Sya'ban;
4.Orang yang berpuasa di bulan Ramadlan.

Keempat golongan tersebut tidak merasakan lapar dan dahaga di hari kiamat. Sesungguhnya Rajab adalah bulan Allah yang disebut dengan bulan Al-Ashom (yang tuli). Barang siapa yang berpuasa sehari dalam bulan Rajab dengan iman dan hanya mengharap ridlo Allah semata, maka insya Allah dia akan memperoleh ridlo Alloh SWT.

Dan barang siapa menjalankan puasa dua hari, maka tak ada makhluk langit maupun bumi yang dapat mensifati kebesaran karomah yang dia miliki. Dan barang siapa menjalankan puasa tiga hari, maka akan diselamatkan dari musibah didunia maupun di akhirat, dan akan diselamatkan dari berbagai penyakit dan fitnahnya Dajjal.

Begitu besar nilai puasa di bulan rajab , semakin sering berpuasa di bulan Rajab maka semakin tinggi derajatnya disisi Alloh.
Dan tentang manfaat puasa rajab , dalam kitab Ihya' Ulumuddin, Imam Ghozali meriwayatkan;
“Barang siapa berpuasa tiga hari dalam bulan Haram (bulan yang dimuliakan), yaitu hari Kamis, Jum'at dan Sabtu, maka Alloh SWT mencatat ibadah tujuh ratus tahun baginya”.

Temasuk keistimewaan bulan rajab adalah sebuah hadits riwayat al-Thabrani dari Sa'id bin Rasyid, "Barangsiapa puasa sehari di bulan Rajab maka laksana ia puasa setahun, bila puasa 7 hari maka ditutuplah untuknya pintu-pintu neraka Jahanam, bila puasa 8 hari dibukakan untuknya 8 pintu surga, bila puasa 10 hari Allah akan mengabulkan semua permintaannya".

"Sesugguhnya di surga terdapat sungai yang dinamakan Rajab, airnya lebih putih daripada susu dan rasanya lebih manis dari madu. Barangsiapa puasa sehari pada bulan Rajab, maka ia akan dikaruniai minum dari sungai tersebut ".

Riwayat (secara mursal) Abul Fath dari al-Hasan, Nabi SAW bersabda : "Rajab itu bulannya Allah, Sya'ban bulanku, dan Ramadhan bulannya umatku".

Adapun tentang keutamaan bulan Rajab secara khusus, kebanyakan ulama mengatakan bahwa dasarnya sangat lemah, bahkan boleh dikatakan tidak ada keterangan yang kuat yang mendasarinya dari sabda Rasulullah SAW. 

Demikian artikel tentang puasa bulan rajab , semoga bermanfaat. Amiin.

Share this article :

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

 
Support : Privacy Policy | Disclaimer
Copyright © 2013. kajian islam - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger