Home » » Sholat Tahajud

Sholat Tahajud

Written By bloger Muslim on Tuesday, April 28, 2015 | 11:59 PM

Shalat tahajud adalah sholat sunnah yang dilakukan pada waktu malam dan dikerjakan setelah bangun dari tidur. Sholat Tahajud hukumnya sunnah muakkad atau ibadah sunnah yang sangat dianjurkan untuk dilakukan. Dalam Surat Al-Isra' ayat 79 Allah SWT telah berfirman :


"Dan pada sebagian malam, lakukanlah sholat tahajjud sebagai ibadah tambahan bagimu, mudah-mudahan Allah akan mengangkatmu ke tempat yang terpuji".

Tentang tata cara sholat tahajud adalah bahwa waktu sholat Tahajjud sangat panjang sekali seperti waktunya sholat 'Isya', yaitu sampai terbitnya fajar. Cara sholat tahajud boleh dikerjakan pada sepertiga malam yang awal, sepertiga malam yang pertengahan, namun lebih utama dikerjakan pada sepertiga malam yang ahir, yaitu sekitar jam 02.00 atau jam 03.00. Imam Thobroni meriwayatkan:
"Sholat malam itu dua rokaat dua rokaat, dan pertengahan malam itu lebih berhak (utama) untuk sholat malam".

Tata cara shalat tahajud ini dilakukan dengan jumlah minimal rokaat sholat Tahajjud adalah dua rokaat, dan tidak ada batas maksimalnya. Sholat Tahajjud dilakukan dengan metode setiap dua rokaat salam dan dilakukan dengan tidak berjama'ah. Dan bacaan sholat tahajud seperti shalat sunnah padaumumnya, yaitu setelah membaca surat Al Fatihah membaca surat pendek dalam setiap rekaatnya. Adapun niat sholat tahajud adalah sebagai berikut :

"Ushalli sunnatattahajudi rak'ataini sunnatal lillahi ta'ala, Allahu akbar"

Setelah salam, kemudian membaca doa sholat tahajud sebagai berikut:

Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.
Ya Allah, segala puji hanyalah milikMu, Engkau yang menegakkan langit, bumi dan segala isinya. Segala puji hanyalah milikMu, kerajaan langit; bumi dan semua isinya hanyalah milikMu. Segala puji hanyalah milikMu, Engkaulah nur-nya langit dan bumi. Segala puji hanyalah milikMu, Engkaulah yang haq, janjiMu adalah benar, perjumpaan denganMu adalah benar, firmanMu adalah benar, surga adalah benar, neraka adalah benar, para Nabi adalah benar, Nabi Muhammad SAW adalah benar dan datangnya kiamatpun juga benar.
Ya Allah, kepadaMu aku berserah, denganMu aku beriman, terhadapMu aku bertawakkal, kepadaMu aku kembali, kepadaMu aku mengadu dan kepadaMu pula aku meminta keputusan, maka ampunilah dosa-dosaku yang terdahulu dan yang akan datang, yang aku sembunyikan maupun yang aku perlihatkan. Engkaulah Yang Terdahulu dan Yang Terahir, tiada Tuhan melainkan Engkau, dan tiada daya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah Yang Maha Mulia dan Maha Agung.

Di atas adalah doa tahajud yang sering kita jumpai dalam buku-buku tuntunan shalat yang sudah beredar dalam masyarakat. Mengenai manfaat sholat tahajud dan keutamaan sholat tahajud telah ditulis oleh para ulama, tapi kalau kita tahu bahwa sesungguhnya, sholat di tengah malam merupakan sholat yang paling berat, terlebih lagi sholat yang dilakukan setelah bangun dari tidur. Oleh sebab itu, pahala dan fadlilahnya sholat malam amat sangat besar.
Diantara Hadits yang menerangkan fadlilahnya sholat malam adalah:
"Puasa yang paling utama setelah puasa Ramadlan adalah puasa di bulan haram (bulan yang mulia), dan sholat yang paling utama setelah sholat wajib adalah sholat malam". (HR Imam Muslim)


"Hendaknya kalian semua melakukan sholat malam, karena hal itu merupakan kebiasaan orang-orang sholih sebelum kalian, dan sarana mendekatkan (kepada Allah) bagi kalian, dan menghapuskan terhadap dosa-dosa, dan mencegah dari perbuatan dosa, dan menolak penyakit dari badan".

"Wahai manusia, sebarkanlah salam, berikanlah makan (kepada faqir miskin), sholatlah diwaktu malam ketika manusia sedang tidur, maka kalian akan masuk surga dengan aman." (HR Imam Tirmidzi).

Demikian artkel tentang shalat tahajud semoga bermanfaat. Amiin.
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

 
Support : Privacy Policy | Disclaimer
Copyright © 2013. kajian islam - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger