Home » » Membaca Alquran

Membaca Alquran

Written By bloger Muslim on Tuesday, April 28, 2015 | 11:15 AM

Membaca Alquran

Hari Jum'at merupakan hari besarnya umat Islam. Kalau kaum Nashrani mempunyai hari Ahad, kaum Yahudi mempunyai hari Sabtu, maka kaum muslimin mempunyai hari Jum'at. Semua amal ibadah yang dilakukan pada malam atau hari Jum'at nilainya dilipat gandakan sampai sepuluh kali. Begitu juga nilai dari perbuatan maksiat yang dilakukan pada hari Jum'at juga dilipat gandakan.

Hari Jum'at adalah hari ibadah. Hari Jum'at jika dibandingkan dengan hari-hari lainnya dalam sepekan adalah laksana bulan Ramadhan dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya. Waktu mustajab pada hari Jum'at seperti waktu mustajab pada malam lailatul qodar di bulan Ramadhan.

Di antara keistimewaan hari Jum'at adalah, barang siapa meninggal dunia pada malam atau hari Jum'at, maka akan mendapatkan pahalanya orang yang mati syahid, dan akan terhindar dari fitnahnya qubur (mendapat keringanan dalam menjawab pertanyaan di alam qubur).

Hari Jum'at disebut sayyidul ayyaam atau hari yang paling utama dalam masa satu minggu. Dihadapan Alloh, kemuliaannya melebihi kemuliaan hari raya 'Idul Fithri dan hari raya Qurban. Dari bermacam daerah dan golongan, Alloh mengutamakan daerah Makkah, dari dua belas bulan Alloh mengutamakan bulan Ramadlan, dari tujuh hari dalam seminggu Alloh mengutamakan hari Jum'at dan dari malam-malam dalam satu tahun Alloh mengutamakan malam Lailatul Qodar.

Banyak keistimewaan, fadlilah, sejarah dan berbagai peristiwa dalam hari Jum'at. Konon, Nabi Adam AS diciptakan pada hari Jum'at, masuk kedalam surga pada hari Jum'at, diturunkan dari surga.dan menjadi kholifah dibumi pada hari Jum'at, diterima taubatnya pada hari Jum'at, meninggal dunia pada hari Jum'at, hari kiamat akan terjadi pada hari Jum'at dan bahkan waktu untuk melihat Alloh SWT bagi ahli surga juga terjadi pada hari Jum'at.

Hari Jum'at merupakan hari yang baik untuk menikah atau menikahkan dan menyambung tali shilaturrohim. Dalam Hadits riwayat Anas bin Malik disebutkan;
"Rasulullah SAW ditanya tentang hari Jum'at, kemudian beliau bersabda, "(Hari Jum'at) adalah hari untuk shilaturrohim dan menikah". Kemudian para sahabat bertanya, kenapa demikian ya Rosul..?. Rasulullah SAW bersabda, "Karena para Nabi menikah pada hari itu".

Rasulullah SAW menikah dengan Khodijah dan Aisyah pada hari Jum'at. Selain Rasulullah yang telah menikah pada hari Jum'at adalah Nabi Adam AS dengan ibu Hawa', Nabi Yusuf AS dengan Zulaikho', Nabi Musa dengan Shofuro', Nabi Sulaiman AS dengan Ratu Bilqis.

Imam Ghozali dalam kitab Ihya'-nya berkata, pada malam Jum'at, di antara waktu Maghrib dan 'Isyak disunnahkan melakukan sholat sunnah 12 (dua belas) rokaat. Pada setiap rokaat, setelah membaca Surat Al- Fatihah kemudian membaca Surat Al-Ikhlash 11 (sebelas) kali.

Fadlilahnya adalah mendapatkan pahala seperti beribadah kepada Alloh selama dua belas tahun, siangnya berpuasa dan malamnya qiyamul lail.

Pada hari Jum'at juga disunnahkan melakukan sholat sunnah 4 (empat) rokaat, 8 (delapan) rokaat atau 12 (dua belas) rokaat. Dalam satu riwayat disebutkan, " Barang siapa pada hari Jum'at masuk ke Masjid Jami' (masjid yang digunakan jama'ah sholat dan Jum'atan) kemudian sebelum sholat Jum'at melakukan sholat sunnah 4 (empat) rokaat, setiap rokaatnya membaca Surat al Fatihah (satu kali) dan Surat al-Ikhlash 50 (lima puluh) kali, maka dia tidak akan mati sebelum melihat tempatnya di surga atau diperlihatkan untuknya. (Ihya’Ulumudin).

Fadlilahnya barang siapa yang mengerjakan 4 rokaat, maka derajadnya disurga akan dinaikan 400 (empat ratus) derajad. Dan barang siapa yang mengerjakan 8 rokaat, maka derajadnya disurga akan dinaikan 800 (delapan ratus) derajad dan dosa-dosanya diampuni oleh Alloh. Dan barang siapa yang mengerjakan 12 rokaat, maka Alloh akan membalas 2.200 (dua ribu dua ratus) kebaikan untuknya, menghapus 2.200 (dua ribu dua ratus) kesalahan darinya dan derajadnya disurga akan dinaikan 2.200 (dua ribu dua ratus) derajad.

Pada malam atau hari Jum'at disunnahkan untuk memperbanyak membaca alquran , belajar membaca alquran , mendalami terjemahan al quran , belajar tafsir al quran , belajar bacaan al quran , khususnya Surat Al- Kahfi, Surat Ad-Dukhon, Surat Yasin, Surat Hud, Surat Ali Imron dan Surat Al-Baqoroh, bahkan kalau memungkinkan menghatamkan Al-Qur'an. Dan dianjurkan untuk mengajak serta keluarga, jama'ah atau kelompoknya dalam aktivitas itu.

Abi Hurairah RA meriwayatkan, "Barang siapa pada malam atau hari Jum'at membaca Surat Al-Kahfi, maka akan mendapatkan Nur mulai dari tempat dia membaca sampai Makkah, dan dosanya (saat itu) sampai Jum'at depan lebih tiga hari akan diampuni, dan akan dimintakan Rohmat oleh 70.000 (tujuh puluh ribu) Malaikat sampai masuk waktu Shubuh, dan akan diselamatkan dari berbagai penyakit, sakit lambung, sakit kusta, sakit lepra dan terhindar dari fitnahnya Dajjal".

Demikian uraian tentang membaca alquran di hari Jum’at, mudah-mudahan bermanfaat. Amiin.

Share this article :

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

 
Support : Privacy Policy | Disclaimer
Copyright © 2013. kajian islam - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger