Home » » Pengertian Ilmu Hadis

Pengertian Ilmu Hadis

Written By bloger Muslim on Tuesday, April 7, 2015 | 8:26 PM

Ilmu Hadis atau bisa disebut Ulumul Hadis adalah istilah Ilmu Hadis di dalam tradisi Ulama Hadis bahasa Arabnya: 'Ulum al-Hadits. 'Ulum al-Hadits terdiri atas dua kata, yaitu ‘ulum dan al-Hadits. Kata ‘ulum dalam bahasa Arab adalah bentuk jamak dari 'ilm, jadi berarti "ilmu-ilmu"; sedangkan al-Hadits di kalangan Ulama Hadis berarti "segala sesuatu yang disandarkan kepada Nabi SAW dari perkataan, perbuatan, taqrir, atau sifat”. Dengan demikian, gabungan kata 'Ulum al-Hadits mengandung pengertian "ilmu-ilmu yang membahas atau berkaitan dengan Hadis Nabi Muhammad SAW".

Pada mulanya, Ilmu Hadis memang merupakan beberapa ilmu yang masing-masing berdiri sendiri, yang berbicara tentang Hadis Nabi SAW dan para perawinya, seperti Ilmu al-Hadits al-Shahih, Ilmu al-Mursal, Ilmu al-Asma' dan lain-lain.

Penulisan ilmu-ilmu hadis secara parsial dilakukan, khususnya, oleh para Ulama abad ke -3 H. Semisal Yahya ibn Ma'in menulis Tarikh al-Rijal, Muhammad ibn Sa'ad menulis Al-Thabaqat, Ahmad ibn Hanbal menulis Al-'Ilal dan Al-Nasikh tuwa al-Mansukh, Bukhari menulis Al-'Ilal dan Al-Kuna, Muslim menulis Kitab al-Asma'wa al-Kuna, Kitab al-Thabaqat dan Kitab al-'Ilal, dan lain-lain.

Ilmu-ilmu yang terpisah dan bersifat parsial tersebut disebut dengan Ulumul Hadis, karena masing-masing membicarakan tentang Hadis dan para perawinya. Akan tetapi, pada masa berikutnya, ilmu-ilmu yang terpisah itu mulai digabungkan dan dijadikan satu, serta selanjutnya, dipandang sebagai satu disiplin ilmu yang berdiri sendiri. Terhadap ilmu yang sudah digabungkan dan menjadi satu kesatuan tersebut tetap dipergunakan nama Ulumul Hadis, sebagaimana halnya sebelum disatukan. Jadi penggunaan lafal jamak Ulumul Hadis, setelah keadaannya menjadi satu, adalah mengandung makna mufrad atau tunggal, yaitu Ilmu Hadis, karena telah terjadi perubahan makna lafal tersebut dari maknanya yang pertama menjadi nama dari suatu disiplin ilmu yang khusus, yang nama lainnya adalah Mushthalah al-Hadits. Para Ulama yang menggunakan nama 'Ulum al-Hadits, di antaranya adalah Imam al-Hakim al-Naisaburi Ibn al-Shalah dan Ulama kontemporer seperti Zhafar Ahmad ibn Lathif al-Utsmani, Al-Tahanawi, dan Shubhi al-Shalih. Sementara itu, beberapa Ulama yang datang setelah Ibn al-Shalah, seperti Al-Iraqi dan Al-Suyuthi, menggunakan lafaz mufrad, yaitu Ilmu Hadis , di dalam berbagai karya mereka.

Demikian artikel tentang Pengertian Ilmu Hadis mudah-mudahan bermanfaat. Amiin.
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

 
Support : Privacy Policy | Disclaimer
Copyright © 2013. kajian islam - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger