Home » » Sayyidul Istighfar

Sayyidul Istighfar

Written By bloger Muslim on Tuesday, April 28, 2015 | 7:52 AM

Sayyidul Istighfar

Sayyidul Istighfar

Sungguh beruntung bagi orang yang mengisi bulan Rajab dengan kebaikan dan mau menghidupkan malam-malamnya Rajab dengan memperbanyak wirid, istighfar atau do'a-do'a yang lain.

Disebutkan dalam Hadits, "Perbanyaklah Istighfar di bulan Rajab. Sesungguhnya Allah Ta’ala membebaskan hamba-hambanya setiap saat di bulan itu, dan sesungguhnya Allah Ta'ala mempunyai kota-kota di Jannah-Nya yang tidak akan dimasuki kecuali oleh orang yang berpuasa di bulan itu".

Diriwayatkan bahwa Rasulullah bersabda, pada malam isra' dan mi'raj saya melihat sungai, dimana rasanya lebih manis daripada madu, lebih dingin daripada es dan lebih harum daripada minyak misik. Kemudian saya bertanya kepada Malaikat Jibril, "Untuk siapakah sungai itu wahai Jibril..?". Jibril berkata, "untuk orang yang membaca sholawat di bulan Rajab ".

Pada bulan Rajab dianjurkan memperbanyak bacaan istighfar , khususnya sayyidul istighfar, adapun tulisan arab istighfar yaitu :
“Ya Alloh, Engkau adalah Tuhanku, tiada Tuhan melainkan Engkau, Engkau telah menciptakan aku, dan aku adalah hamba-Mu, dan aku akan memenuhi janji kepada-Mu dan Terlaksanakan janji-Mu sebatas kemampuanku. Aku berlindung kepada-Mu dari keburukan yang telah aku lakukan, aku menggunakan kenikmatan yang telah Engkau berikan untuk bermaksiat kepada-Mu, dan aku mengakui atas dosaku, maka ampunilah aku. Sesungguhnya tak ada yang dapat mengampuni dosa melainkan Engkau”.

Dalam sebagian kitab disebutkan manfaat istighfar , barang siapa setiap pagi dan sore dalam bulan Rajab membaca doa istighfar berikut ini 70 kali, dengan disertai mengangkat kedua tangannya, maka kelak pada hari ahir akan diselamatkan dari api neraka, yaitu kalimat:

“Ya Alloh, ampunilah aku, kasihanilah aku dan terimalah taubatku”.

Selain amalan di atas, pada bulan Rajab, setelah sholat sunnah qobliah Shubuh disunnahkan membaca Surat Yasin. Diriwayatkan dari Aisyah RA, bahwa Rasulullah SAW bersabda:

Barang siapa setelah sholat fajar pada bulan Rajab membaca Surat Yasin satu kali, maka Allah mengampuni dosanya selama 50 tahun dan Allah akan menyelamatkannya dari siksa qubur”.

Demikian uraian tentang sayyidul istighfar yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. Amiin.
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

 
Support : Privacy Policy | Disclaimer
Copyright © 2013. kajian islam - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger