Home » » Doa Sesudah Wudhu

Doa Sesudah Wudhu

Written By bloger Muslim on Thursday, April 30, 2015 | 7:23 AM

Doa Sesudah Wudhu

Ketika seseorang akan melakukan wudhu, maka alangkah baiknya membaca basmalah dan berdoa:

"Asyhadu an laa ilaaha illallahu wahdahuu laa syariikalahu, waashadu anna Muhammadan abduhu wa Rasuuluh".

Aku bersaksi bahwa tidak ada tuhan selain Allah yang tunggal, tidak ada yang menandingiNya. Dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah hamba Nya dan utusan Nya”.

Selain doa di atas ada juga doa doa ketika melaksanakan wudhu. Dalam beberapa kitab fiqh dan tashawuf dijelaskan bahwa, dalam melaksanakan rangkaian rukun-rukun wudhu (dibaca: mulai dari membasuh muka sampai dengan membasuh kaki) disunahkan membaca doa wudhu sebagai berikut:
Ketika membasuh muka, sunnah berdoa :
doa wudhu

Yaa Allah putihkan wajahku pada hari dimana beberapa wajah (berwarna) hitam”.

Ketika membasuh kedua tangan, sunnah berdoa:
doa wudhu1

Yaa Allah berikanlah aku. kitab catatan amalku dari arah tangan kananku, jangan berikan dari arah tangan kiriku”.

Ketika mengusap sebagian kepala, sunnah berdoa:
doa wudhu2

Yaa Allah, haramkan rambut dan kulitku atas api Neraka”.

Ketika mengusap kedua telinga sunnah berdoa:
doa wudhu3

Yaa Allah, jadikanlah aku (termasuk) orang-orang mendengarkan qaul (al qur'an) dan mengikutinya dengan cara yang paling baik”.

Ketika membasuh kedua kaki, sunnah berdoa:
doa wudhu4

“Yaa Allah teguhkan tapak kakiku diatas jalan yang lurus”.

Sesudah selesai berwudhu disunahkan membaca doa setelah wudhu sebagai berikut:
doa sesudah wudhu

“Aku bersaksi bahwa tidak ada tuhan kecuali Allah yang tunggal dan tidak ada yang menandingiNya. Dan (juga bersaksi) bahwa Nabi Muhammad adalah hamba Nya dan Rasul-Nya Yaa Allah jadikanlah aku orang yang bertaubat, dan jadikanlah aku orang yang bersuci. Maha suci Engkau ya Allah dan aku selalu memuji-Mu. Aku bersaksi bahwa tidak ada tuhan kecuali Engkau. Aku memohon ampun dan bertobat kepada Mu".

Diriwayatkan dari Umar bin Khattab r.a. bahwa, "Barang siapa setelah melaksanakan wudlu lalu berdoa seperti doa diatas, maka akan dibuka baginya delapan pintu surga, yang ia bisa masuk dari mana saja".

Demikian uraian tentang doa wudhu , mulai dari awal melakukan wudhu sampai akhir selesai melaksanakan wudhu, dan doa sesudah wudhu . Semoga barokah. Amiin.

Share this article :

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

 
Support : Privacy Policy | Disclaimer
Copyright © 2013. kajian islam - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger