Home » » Sholat Tasbih

Sholat Tasbih

Written By bloger Muslim on Tuesday, April 28, 2015 | 9:17 AM

Sholat Tasbih

Shalat Tasbih adalah sholat sunnah empat rokaat, boleh dilakukan dengan metode dua rokaat salam atau empat rokaat salam. 

Sholat Tasbih merupakan sholat sunnah yang sangat besar pahala dan fadlilahnya. Sehingga sangat dianjurkan bagi kaum muslimin untuk menjalankan Sholat Tasbih, sekalipun seumur hidup hanya sekali.

Sholat Tasbih termasuk jenis sholat sunnah mutlak, sunnah dikerjakan berulang kali dalam sehari, tidak sunnah diqodlo', tidak boleh dilakukan dalam waktu yang dimakruhkan dan tidak sunnah dilakukan dengan berjamaah.

Tata cara sholat tasbih boleh dilakukan pada waktu malam hari maupun siang hari. Jika dilakukan disiang hari, maka lebih utama jika empat rokaat dilakukan dengan sekali salam. Dan jika dilakukan dimalam hari, maka dilakukan dengan metode dua rokaat salam. Permohonan kepada Alloh yang ditawassuli dengan sholat tasbih akan cepat dan mudah dikabulkan, karena bacaan tasbih sendiri memiliki karomah, yaitu rahasia kemuliaan yang hanya diketahui oleh Allah, kalayak menyebutnya dengan tasbih karomah .

Lafadz niatnya sholat tasbih adalah;
“Aku niat sholat sunnat Tasbih empat rokaat karena Alloh Tafala, Allohu Akbar.”
  Atau,

Aku niat sholat sunnat Tasbih dua rokaat karena Alloh Ta'alaf Allohu Akbar.

Kemudian membaca do'a Iftitah, Ta'awwudz dan Surat Al-Fatihah. Pada rokaat pertama disunnahkan membaca Surat Zalzalah, rokaat kedua membaca Surat Al-'Adiyat, rokaat ketiga membaca Surat At-Takatsur, dan rokaat ke empat membaca Surat Al-Ikhlash. Atau membaca permulaannya Surat Al-Hadid, Surat Al-Hasyr, Surat Shof, Surat At-Taghobun. Atau setidaknya Surat Al-Kafirun untuk rokaat pertama dan Surat Al-Ikhlash untuk rokaat kedua.

Setelah membaca surat-surat diatas, kemudian membaca kalimat tasbih 15 kali, yaitu kalimat:
Kemudian membaca tasbih lagi, yaitu :
  • Setelah bacaan dalam ruku' 10 kali.
  • Setelah bacaan dalam i'tidal 10 kali.
  • Setelah bacaan dalam sujud pertama 10 kali.
  • Setelah bacaan dalam duduk antara dua sujud 10 kali.
  • Setelah bacaan dalam sujud kedua 10 kali.
  • Ketika jalsah istirohah, yaitu duduk sebentar setelah sujud kedua sebelum berdiri pada rokaat pertama dan ketiga atau setelah tasyahud membaca tasbih 10 kali.

Dan begitu seterusnya untuk rokaat berikutnya. Hasilnya, setiap satu rokaat bacaan tasbihnya 75 kali, dan empat rokaat bacaan tasbihnya 300 kali.
Setelah tasyahud ahir kemudian membaca doa tasbih atau do'a sholat tasbih :

Demikian artikel tentang sholat tasbih mudah-mudahan barokah dunia akhirat. Amiin.
Share this article :

1 comments:

  1. KISAH CERITA AYAH SAYA SEMBUH BERKAT BANTUAN ABAH HJ MALIK IBRAHIM

    Assalamualaikum saya atas nama Rani anak dari bapak Bambang saya ingin berbagi cerita masalah penyakit yang di derita ayah saya, ayah saya sudah 5 tahun menderita penyakit aneh yang tidak masuk akal, bahkan ayah saya tidak aktif kerja selama 5 tahun gara gara penyakit yang di deritanya, singkat cerita suatu hari waktu itu saya bermain di rmh temen saya dan kebetulan saya ada waktu itu di saat proses pengobatan ibu temen saya lewat HP , percaya nda percaya subahana lah di hari itu juga mama temen saya langsung berjalan yang dulu'nya cuma duduk di kursi rodah selama 3 tahun,singkat cerita semua orang yang waktu itu menyaksikan pengobatan bapak kyai hj Malik lewat ponsel, betul betul kaget karena mama temen saya langsung berjalan setelah di sampaikan kepada hj Malik untuk berjalan,subahanallah, dan saya juga memberanikan diri meminta no hp bapak kyai hj malik, dan sesampainya saya di rmh saya juga memberanikan diri untuk menghubungi kyai hj Malik dan menyampaikan penyakit yang di derita ayah saya, dan setelah saya melakukan apa yang di perintahkan sama BPK kyai hj Malik, 1 jam kemudian Alhamdulillah bapak saya juga langsung sembuh dari penyakitnya lewat doa bapak kyai hj Malik kepada Allah subahanallah wataala ,Alhamdulillah berkat bantuan bpk ustad kyai hj Malik sekarang ayah saya sudah sembuh dari penyakit yang di deritanya selama 5 tahun, bagi saudara/i yang mau di bantu penyembuhan masalah penyakit gaib non gaib anda bisa konsultasi langsung kepada bapak kyai hj Malik no hp WA beliau 0823-5240-6469 semoga lewat bantuan beliau anda bisa terbebas dari penyakit anda. Terima kasih

    ReplyDelete

Popular Posts

 
Support : Privacy Policy | Disclaimer
Copyright © 2013. kajian islam - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger