Home » » Doa Harian Ramadhan

Doa Harian Ramadhan

Written By telaah santri on Sunday, May 24, 2015 | 10:07 AM

Doa Harian Ramadhan

Doa Harian Ramadhan

Berdoa pada bulan Ramadhan sangat dianjurkan. Ramadhan adalah bulan yang doa tak akan pernah ditolak Allah. Semua amal Ibadah hamba Allah pada bulan mulia itu akan dilipatgandakan.

Doa-doa ini sering diamalkan para ulama shalihin. Misalnya, Imam Ali Zalnal Abidin, Imam da'tar As-Shadiq, Syekh Abdul Qadlr Jallani. Doa-doa tersebut sebagai penghapus dosa, kesedihan, dan masalah, serta untuk mendapat ridha Allah, dan menjadikan hidup lebih Indah dan penuh kebahagiaan. 

Diriwayatkan, Rasulullah SAW bersabda, "Barang siapa membaca doa ini setiap selesai salat tardu pada bulan Ramadhan, Allah mengampuninya atas dosa-dosanya sampai hari kiamat."
Diriwayatkan juga, Rasulullah bersabda, "Barang siapa membaca doa berikut ini pada setiap malam di bulan Ramadhan, terampuni dia atas dosa-dosanya selama empat puluh tahun". Subhanallah.

Doa Malam ke-1
Allahumma qad hadlara awwalu yawmin min syahri ramadhana waqad iftaradtta 'alayna shiyamahu wa anzalta fihil qur'ana hudan linnasi wabayyinati minal huda wal furqan. Allahumma a'inna 'ala shiyamihi wataqabbalhu minna wasallimhu lana fi yusrin minka wa afiyatin innaka ala kulli syai in qadir.
(Ya Allah, telah tiba hari pertama bulan Ramadhan, yang Engkau wajibkan atas kami berpuasa. Pada saat itu pula Engkau turunkan Al-Quran sebagai petunjuk dan pembeda. Ya Allah, ban¬tulah kami dalam berpuasa. Terimalah dan kabulkanlah puasa kami dengan kemudahan dan kesehatan dari-Mu. Sesungguhnya Engkau berkuasa atas segala sesuatu).

Doa Malam ke-2
Allahumma qarribni ila mardlatika wahabbibni fihi min sukhthika wa niqmatika wawaffiqni fihi liqira’ati kitabika wa ayatika birahmatika ya arhamar-rahimin.
(Ya Allah, dekatkanlah aku pada keridaan-Mu, jauhkanlah aku dari kemarahan dan siksa-Mu. Berilah aku petunjuk untuk membaca kitab dan ayat-ayat-Mu, dengan kasih sayang-Mu, wahai Zat Yang Paling Pengasih di antara para pengasih).
Rasulullah bersabda, "Barang siapa membaca doa ini, diberi pahala pada setiap langkah seperti ibadah setahun orang yang berpuasa di siang hari dan beribadah di malam harinya."

Doa Malam ke-3
Allahummarzuqni fihidz-dzihna watambiha waba'idni fihi minas-safahati wat-tamwihi waj'al li nashiban min kulli - layrin tunziluhu fihi bijudika ya ajwadal ajwadin.
(Ya Allah, berikanlah kepadaku di hari ini akal dan peringatan, jauhkanlah aku di hari ini dari kecerobohan, dan berikan kepadaku bagian dari setiap kebaikan yang Engkau turunkan dengan ke-dermawanan-Mu, wahai Yang Paling Dermawan di antara para dermawan).

Dalam hadis disebutkan, barang siapa membaca doa ini akan dibangunkan sebuah istana di surga.

Doa Malam ke-4
Allahumma qawwini fihi (ala iqamati amrika wa adziqni fihi halawata dzikrika wa awzi'ni fihi liadai syukrika bikaramika wahfadzni fihi bihifdzika wasitrika ya absharan nadzirin.
(Ya Allah, kuatkanlah aku untuk bisa menegakkan perintah-Mu, buatlah aku bisa merasakan nikmatnya mengingat-Mu, sempatkan aku untuk bersyukur kepada-Mu dengan kedermawanan-Mu, dan jagalah aku dengan penjagaan-Mu dan tirai-Mu, wahai Yang Maha Melihat.

Doa Malam ke-5
Allahummaj'alni minal mustaghfirin waj'alni fihi min 'ibadikash-shalihin al- qanitinf waj'alni fihi min awliyaikal muttaqin bira'fatika ya arhamarrahimin.
(Ya Allah, jadikanlah aku salah seorang yang meminta ampun, salah seorang kekasih-Mu yang bertakwa, dengan kasih-Mu, wahai Yang Paling Pengasih di antara para pengasih).

Doa Malam ke-6
Allahumma la takhdzulni fihi litu'ridla ma'shiyataka wala tadlribni bisiyathi niqmatilka wazahzihni fihi min mujibati sakhatika bimannika wa ayadika ya muntaha raghbatar-raghibin.
iYa Allah, janganlah Engkau membuatku tercela di hari ini dengan bermaksiat kepada-Mu, janganlah Engkau menghantamku dengan pecutan ke-sulitan-Mu, dan jauhkanlah aku di hari ini dari penyebab-penyebab murka-Mu, dengan kerelaan-Mu dan dukungan-Mu, wahai Puncak Harapan para pengharap).

Doa Malam ke-7
Allahumma a'inni fihi 'ala shiyamihi wa qiyamihi wajannibni fihi min hafawatihi wa atsamihi warzuqni fihi dzikraka wa-syukraka bidawamihi bitawfiqika ya hadiyadl-dlallin.
(Ya Allah, bantulah aku untuk melak¬sanakan puasa dan salat hari ini, jauhkanlah aku dari kesia-siaan dan dosa-dosa hari ini, karuniailah aku untuk berzikir dan bersyukur kepada-Mu tanpa henti, dengan taufik dari-Mu, wahai Penunjuk orang-orang yang tersesat).

Doa Hari ke-8
Allahummarzuqni fihi rahmatal aytam wa ith'amath-tha'am wa ifsyais salam washuhbatal kiram bithulika ya maljaal amilin ya amalal amilin.
(Ya Allah, karuniailah aku rasa kasih kepada para yatim, sikap mendermakan makanan, menyebarkan salam, dan bergaul dengan orang-orang mulia, dengan ketinggian-Mu, wahai Dambaan para pendamba).

Doa Malam ke-9
Allahummaj'al li fihi libarahinikas- sathi'ah wa khudz binashiyati Ha mar- dlatikal jami'ah bimahabbatika ya amalal mustaqin.
(Ya Allah, berikanlah padaku bagian dari rahmat-Mu yang luas, dan tunjukilah aku bukti-bukti-Mu yang kuat, dan bawalah diriku ke dalam keridaan-Mu yang menyeluruh, dengan kecintaan-Mu, wahai Dambaan para perindu).

Doa Malam ke-10
Allahummaj'alni m i nal mutawakkilin a'alayka waj'alni fihi mi nal muqarrabin ilayka biihsanika ya ghayatath-thalibin.
(Ya Allah, jadikanlah aku salah seorang yang bertawakal kepada-Mu, dan yang dekat dengan-Mu, dengan kebaikan-Mu, wahai Tujuan para pencari).

Menurut Imam Ja'far Shadiq, barang siapa membaca doa tersebut, akan diampuni atas segala dosanya.

Doa Malam ke-11
Allahumma habbib ilayya fihiI ihsana wakarrih ilayya fihi! fusuqa wal 'ishyan waharrim ilayya fihis sukhtha wan nirana bi'afwika ya ghiyatsall mustaghitsin.
(Ya Allah, cintakanlah aku di hari ini pada kebaikan, bencikanlah aku pada kefasikan dan kemaksiatan, dan haramkan bagiku kemurkaan-Mu dan api neraka, dengan bantuan-Mu, wahai Penolong para peminta tolong).

Doa Malam ke-12
Allahumma zayyinni fihis sitra wal 'afafa wasturni fihi bi I i basi I qunu'i walkafafi waahmilni fihi'alal 'adli wal inshafi wa aminni fihi min kulli ma akhafu bi'ishmatika ya 'ishmatal khaifin.
(Ya Allah, hiasilah aku dengan penutup dan rasa malu, kenakan aku pakaian kecukupan, buatlah diriku adil dan insaf, dan amankanlah aku dari segala hal yang aku takuti, dengan kuasa penjagaan-Mu, waha Penjaga orang-orang yang takut).

Doa Malam ke-13
Allahumma thahhirni minad danasi wal aqdzari washabbirni fihi iala kainatil aqdari wawaffiqni fihi littuqa wa shuhbatal abrar bi'awnika ya qurrata a'yunil masakin.
(Ya Allah, sucikanlah aku dari segala macam kekejian dan kekotoran, berilah aku kemampuan bersabar menerima takdir-Mu, berikan aku petunjuk untuk bertakwa dan bergaul dengan abrar, orang-orang baik, dengan pertolongan-Mu, wahai Penyejuk mata orang-orang miskin).

Doa Malam ke-14
Allahumma la tuakhidni fihi bil-'atsarat wa aqillani fihi minal khathaya wal hafawat wala taj'alni fihi ghardlan lilbalaya wal afat bi'izzatika ya izzal muslimin.
(Ya Allah, janganlah Engkau melihatku di hari ini dari kejelekanku, sedikitkan aku dalam berbuat salah dan sia-sia, dan jangan Engkau jadikan aku sasaran dari berbagai bala dan musibah, dengan keagungan-Mu, wahai Pengagung kaum muslim).

Doa Malam ke-15
Allahummarzuqni fihi tha 'atal khasyi'in wasyrah fihi shadri biinabatil mukhbitin biamanika ya amanat khaifin.
(Ya Allah, karuniailah aku ketaatan orang-orang yang khusyuk, dan lapangkan dadaku dengan inabah (tempat kembali) orang-orang tawaduk, dengan pengamanan-Mu, wahai Pengaman orang-orang yang takut).
Rasulullah bersabda, "Barang siapa membaca doa ini, Allah akan memenuhi delapan puluh hajat duniawinya"

Doa Malam ke-16
Allahumma waffiqni limuwafaqatil abrari wajannibni fihi murafaqatal asyrar wa awinni fihi birahmatikaila daril qarar biilahiyyatika ya ilahal 'alamin.
(Ya Allah, berikan kepadaku kekuatan untuk senantiasa bergaul dengan orang- orang baik (abrar) dan jauhkan aku dari orang-orang jahat (asyrar). Dan tuntunlah aku dengan rahmat-Mu menuju surga, yang abadi, dengan sifat Ilahiah-Mu, wahai Tuhan semesta alam).
Nabi SAW bersabda, "Barang siapa membaca doa ini, dalam kuburnya akan diberi cahaya yang berjalan bersamanya, jubah yang dipakainya, dan unta yang dinaikinya, serta dituangkan minuman surga."

Doa Malam ke-17
Allahummahdini fihi lishalihil a'amali waqdli I i fihi I hawaija wal amal a ya man la yahtaju ilat taf siri was suali ya 'aliman bima fisuduril 'alamin shalli'ala Muhammadin wa alihit-thahirin.
(Ya Allah, tunjukkanlah aku pada saat ini amalan-amalan yang saleh dan penuhilah kebutuhan dan harapanku; wahai Zat yang tak membutuhkan penafsiran ataupun permintaan, wahai Yang Maha Mengetahui apa-apa yang ada di dalam dada, limpahkanlah solawat atas Muhammad dan keluarganya yang suci).

Doa Malam ke-18
Allahumma nabbihni fihi libarakati asharihi wa nawwir fihi qalbi bidliyai anwarihi wa khudz bikulli a'dlai ilattiba'i atsarihi binurika ya munawwira qulubil 'arifin.
(Ya Allah, ingatkan aku pada saat ini akan berkah-berkah waktu sahur Ramadhan, sinarilah hatiku dengan sinar cahayanya, dan arahkan seluruh anggota badanku untuk mengikuti jejaknya, dengan cahaya-Mu, wahai Pencahaya hati orang-orang yang arif).

Doa Malam ke-19
Allahumma waffir fihi hadh-dhi min barakatihi wasahhii sabili ila khayratihi wala tahrimni qabula hasanatihi ya hadiyan ilal haqqil mubin.
(Ya Allah, penuhilah diriku dengan berkah-berkah pada saat Ramadhan ini, mudahkanlah perjalananku pada kebaikannya, dan janganlah Engkau haramkan menerima kebaikannya, wahai Zat penunjuk pada kebenaran yang nyata).
Pada malam-malam ini disunahkan banyak beristigfar, bertasbih, dan amalan- amalan lainnya berkenaan dengan ketiga malam yang diperkirakan turun Lailatulkadar, yaitu pada malam ke-19,21, dan ke-23. Nabi bersabda, "Barang siapa membaca doa ini, malaikat bumi dan langit akan memintakan ampunan untuknya dan ikut mendoakannya."

Doa Malam ke-20
Allahummaftah li fihi abwabal jinani waaghliq 'anni fihi abwaban nirani wawaffiqni fihi tilawatal Qurani ya munzilas sakinati fi qulubil mukminin.
(Ya Allah, bukakan untukku pada saat ini pintu-pintu surga, tutupkan untukku pintu-pintu neraka, sempatkanlah aku membaca Al- Quran, wahai Zat yang menurunkan ketenangan ke dalam hati orang-orang mukmin).

Doa Malam ke-21
La ilaha illa anta, ya muqallibal qulub. Allahummaj'al li fihi ila mardlatika dalilan wala taj'al lisy-syaythani fihi 'alayya sabilan waj'alil jannata li manziian wa maqilan ya qadliya hawaijith-thalibin.
(Ya Allah, buatkan untukku pada saat ini petunjuk ke dalam keridaan-Mu, janganlah Engkau beri jalan kepada setan untuk menggodaku, dan jadikanlah surga sebagai tempat tinggalku, wahai Tuhan, Zat yang memenuhi kebutuhan para peminta).

Diriwayatkan, Rasulullah bersabda, "Barang siapa membaca doa ini, Allah akan menerangi kuburnya, memutihkan wajahnya, dan ia berjalan di atas shirath (siratal-mustaqim) yang kecepatannya bagaikan kilat menyambar."

Doa Malam ke-22
Allahummaftah liabwaba fadl-lika wa anzil 'alayya fihi barakatika wa askinni fihi bihabuhatijannatika ya mujiba dakwatil mudl- tharrin.
(Ya Allah, bukakan bagiku pada saat ini pintu-pintu keutamaan-Mu, turunkan untukku berkah-Mu, berikan kepadaku taufik untuk melakukan hal-hal yang membuat-Mu rida, dan tempatkan diriku dalam naungan surga-Mu, wahai Zat yang mengabulkan doa orang- orang dalam impitan).

Rasulullah bersabda, "Barang siapa membaca doa ini, akan dimudahkan baginya di saat-saat sekarat, juga saat menjawab Malaikat Munkar dan Nakir dengan jawaban yang tepat dan pasti."

Doa Malam ke-23
Allahumma aghsilni fihi minadz-dzunubi wa thahhirni fihi minal 'uyubi wamtahin qalbi fihi bitaqwal qulubi ya muqila 'atsratil mudznibin.
(Ya Allah, basuhlah aku di hari ini dari segala dosa, sucikan aku dari segala aib, dan ujilah hatiku untuk bertakwa, wahai Yang Menyedikitkan kejelekan orang-orang yang berdosa).

Disunahkan pada malam-malam Lailatul kadar mandi di awal dan di akhir malam. Dianjurkan membaca surah Ar-Rum, Al- Ankabut, dan Ad-Dukhan. Disunahkan juga membaca surah Al-Qadr seribu kali, agar pada pagi harinya ia bangun dengan iman yang makin kuat. Amalan lainnya adalah salat 100 rakaat yang pada masing-masing rakaat membaca Al-Fatihah dan Al-lkhlash sekali.

Doa Malam ke-24
Alahumma inni as aluka fihi ma yurdlika wa a'udzubika mimmayukdzika wa asalukat tawfiqa fihi lian uthi'aka wala u'shika ya ajwadas sailin.
(Ya Allah, aku meminta kepada-Mu apa- apa yang membuat-Mu rela, dan aku berlindung kepada-Mu dari apa-apa yang membuat-Mu murka. Aku meminta kepada-Mu di hari ini taufik untuk menaati-Mu, tidak melanggar perintah-Mu, wahai Yang Maha Dermawan kepada setiap peminta).

Doa Malam ke-25
Allahummaj'alni fihi muhiban liawliyaika wa mu'adiyan lia'daika mustunnan bisunnatin khatimi anbiyaika ya 'alima qulubin nabiyyin.
(Ya Allah, jadikan aku di hari ini orang yang mencintai para wali-Mu, memusuhi para musuh-Mu, dan menjalani sunah penutup para nabi-Mu, wahai Pemelihara hati para nabi).

Rasulullah bersabda, "Barang siapa membaca doa ini, akan dibangunkan untuknya seratus istana di surga yang pada setiap istana terdapat tenda hijau."

Doa Malam ke-26
Allahummaj'al sai'yi fihi masykura dzambi fihi maghfra wa'amali bihi maqbula wa aybi fihi mastura ya asma as sami'in.
(Ya Allah, jadikanlah usahaku hari ini disyukuri, dosaku dihapuskan, amalku diterima, dan aibku ditutupi, wahai Yang Paling Mendengar di antara yang mendengar.)

Diriwayatkan, barang siapa membaca doa tersebut, di hari kiamat nanti kepadanya akan diserukan, "Jangan kamu takut dan jangan bersedih, engkau telah diampuni."

Doa Malam ke-27
Allahummarzuqni fihi fadl-la laylatil qadri washayyir umuri fihi minal 'usri ilal yusri waqbilma'adziri wa huth-tha 'annidz-dzanba wal wizra ya raufan bi 'ibadihis shalihin.
(Ya Allah, karuniailah aku pada saat ini keutamaan Lailatul kadar, alihkan urusanku dari kesulitan kepada kemudahan, terimalah permintaan ampunku, dan hapuskan dosa serta kesalahanku, wahai Tuhan, Zat yang mengasihi hamba-hamba- Nya yang saleh).

Doa Malam ke-28
Allahumma waffir hadz-dzi fihi minan nawafili wa akrimni fihi bi ihdlaril ahlami filmasaili wa qarrib wasilati ilayka min baynil masa ili ya man la yusyghiluhu ilhahul mulihhin.
(Ya Allah, berikanlah aku kekuatan untuk mengerjakan hal-hal yang sunnah, muliakanlah aku dengan dihadirkannya isyarat-isyarat tentang masalah yang kuhadapi, dan dekatkanlah perantaraku kepada-Mu dari perantara-perantara yang lain, wahai Zat yang tak terganggu dengan gangguan para pengganggu).
Dalam sebuah hadis disebutkan, barang siapa membaca doa ini, seolah-olah ia telah memberi makan semua orang yang lapar.

Doa Malam ke-29
Allahumma ghasysyini fihi birrahmati warzuqni fihittawfiqa wal 'ishmata wathahhir qalbi min ghayahi bit tuh mati ya rahiman bi'ibadihil mukminina.
(Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada diriku pada saat ini, karuniailah aku dengan taufik dan keterpeliharaan, sucikanlah hatiku dari fitnah yang membara, wahai Zat yang mengasihi hamba-hamba-Nya yang mukmin).

Doa Malam ke-30
Allahumma rabba syahri Ramadhana wa munzilal Ourana wa hadza syahru Ramadhana wa munzilal Ourana wa hadza syahru Ramadhana qad tasharrama ay rabbi inni a'udzubika wabiwajhikal karimi an yathla'al fajru min laylati hadzihi awyakhruja syahru Ramadhana walaka (indi tabi'atun aw dzanbun turidu an tu'adz-dzibni 'alayhi yawma alqaka illa ghafartahu li bikaramika wujudika ya arhamarrrahimin. Allahumma shalli iala Muhammadin wa ali Muhammadin innaka hamidun majid.
(Ya Allah, Tuhan bulan Ramadhan, Penurun Al-Quran. Kini bulan Ramadhan akan pergi.Ya Tuhanku, aku berlindung kepada-Mu dengan wajah-Mu yang mulia, bila hingga terbitnya fajar malam ini atau selesainya bulan Ramadhan aku masih memiliki dosa terhadap-Mu atau kesalahan yang menyebabkan-Mu hendak mengazabku saat aku menemui-Mu, ampunilah aku, dengan kemuliaan-Mu dan kedermawanan-Mu, wahai Zat yang paling pengasih di antara para pengasih. Ya Allah, sampaikanlah solawat atas Muhammad dan keluarganya, sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Mahabijaksana).

Ya mudabbiral umuri ya ba'itsa man fil quburi, ya mujriyal buhuri ya mulinal hadidali Dawuda 'alayhis salam, shalli 'ala Muhamamd wa ali Muhammad.
(Wahai Zat yang mengatur segala urusan, wahai Yang Membangkitkan orang-orang dalam kubur, wahai Yang Mengalirkan lautan, wahai Zat Yang Memberi kemampuan melelehkan besi kepada Nabi Daud, sampaikan solawat atas Muhammad dan keluarganya).

Allahummaj'al shiyami fihi bisy-syukri wal qabuli 'ala ma tardlahu wa yardlahur rasulu muhakkamata furu'ihi bil ushuli bihaqqi sayyidina Muhammadin wa alihith-thahirin wal hamdu h Ilahi rabbil 'alamin.
(Wahai Allah, jadikan puasaku ini dengan syukur dan diterima atas apa yang Engkau ridai dan yang diridai oleh rasul-Mu, yang batang selalu erat dengan akarnya berkat junjungan kami, Muhammad, dan keluaganya yang suci. Dan segala puji bagi Allah seru sekalian alam).

Demikian doa doa harian Ramadhan semoga dapat membawa kemanfaatan. Amiin.
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

 
Support : Privacy Policy | Disclaimer
Copyright © 2013. kajian islam - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger