Home » » Malam Nisfu Sya'ban

Malam Nisfu Sya'ban

Written By telaah santri on Wednesday, May 6, 2015 | 6:41 AM

doa nisfu syaban

Malam Nisfu Sya'ban

Pada malam Nisfu Sya'ban disunnahkan untuk memperbanyak permohonan dan do'a kepada Allah, baik permintaan yang berhubungan dengan kehidupan dunia maupun yang berhubungan dengan akhirat. Namun yang paling utama sebaiknya meminta ampunan dan keselamatan. 

Dalam Hadits disebutkan:
Barang siapa yang menghidupkan (beribadah) dimalam dua hari Raya (Idul Adha dan Idul Fithri) dan malam pertengahan dari bulan Sya'ban, maka hatinya tidak mati ketika hati orang-orang menjadi mati”.

Sebagian ulama ada yang menganjurkan untuk memeriahkan atau menghidupkan malam nisfu Sya'ban dengan berkumpul ramai-ramai di masjid untuk shalat, berdo'a atau membaca berbagai kisah. Namun hal tersebut adalah suatu amalan yang tidak ada tuntunannya. Hadits yang menjelaskan keutamaan malam Nisfu Sya'ban merupakan hadits dlo'if.

Jika menghidupkan malam Nisfu Sya'ban dengan shalat di rumah dan khusus untuk dirinya sendiri atau mungkin dilakukan dengan jama'ah tertentu (tanpa terang-terangan), maka menurut sebagian ulama hal tersebut tidak dilarang. Namun, mayoritas ulama mengatakan bahwa hal tersebut adalah sesuatu yang tidak ada tuntunannya.

Membaca Surat Yasin
Bagi kaum muslimin yang menghidupkan malam Nisfu Sya'ban (karena mengikuti sebagian ulama yang memperbolehkan), maka dianjurkan untuk membaca Surat Yasin tiga kali, dilakukan sendiri-sendiri atau secara bersama-sama, atau dibaca salah satu dan di-amini oleh yang lain, dibaca didalam masjid, musholla atau dirumah. Ketika membaca supaya niat mencari ridlo Allah SWT, dan memohon kepadaNya agar : Diberi umur panjang (untuk yasin yang pertama). Terhindar dari segala bencana /musibah (untuk yasin yang kedua). Diberi kemudahan dalam mencari rizki (untuk yasin ketiga).

Setelah selesai membaca Surat Yasin kemudian membaca doa nisfu sya’ban sebagai berikut:
doa nisfu syaban

Wahai Tuhanku, kedermawananMu menunjukkan saya (menghadap) kepadaMu, kebaikanMu mengantarkan aku terhadapMu, kemulyaanMu mendekatkan aku kepadaMu. Aku mengadu kepadaMu tentang sesuatu yang tidak samar bagiMu, dan aku memohon sesuatu yang tidak sulit bagiMu, karena pengetahuanMu terhadap keadaanku mencukupi dari permohonanku.

Wahai Dzat yang melapangkan deritanya orang-orang yang menderita, lapangkanlah derita yang sedang menimpa diriku, tiada Tuhan melainkan Engkau, Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang dzolim, maka Kami (Allah) mengabulkan permohonannya dan menyelamatkannya dari kesusahan, demikianlah Kami menyelamatkan orang-orang yang beriman.

Ya Allah, wahai Dzat yang memberi anugrah, dan tidak menerima anugrah, Dzat Yang Mulia, Yang Maha Dermawan dan memberi nikmat, Tiada Tuhan melainkan Engkau. Telah jelas (bagiNya) orang yang kembali padaNya, yang mohon perlindungan padaNya, yang memohon keselamatan dari orang-orang yang takut dan menjadi tempat segalanya bagi orang-orang yang meminta.

Ya Allah, jika Engkau telah menentukan dalam buku catatanMu aku termasuk orang yang celaka, yang terhalang dari rahmatMu, yang tertolak dari ridloMu, dan disempitkan rizcjiku, maka hapuskanlah ketentuan itu. Ya Allah, dengan anugrahMu, (hilangkanlah) ketentuan celaka, terhalang, tertolak dan sempitnya rizqiku. Tentukanlah dalam buku catatanMu, aku termasuk orang yang bernasib baik, mendapat kemudahan rizqi dan mendapat pertolongan untuk melakukan kebajikan. Sungguh benarlah firmanMu dalam kitab yang diturunkan kepada utusanMu, (yang artinya) " Allah telah menghapus apa yang Dia kehendaki dan menetapkannya, disisiNyalah terdapat Ummul Kitab ". Saya memohon kepadaMu ya Allah, dengan kejelasan yang nyata dalam malam pertengahan Sya'ban yang dimuliakan, segala sesuatu (yang akan terjadi) telah dipisah-pisahkan waktu kedatanganya dan ditentukan baik buruknya, (saya memohon) agar bencana / musibah yang kami ketahui atau yang tidak kami ketahui, dan bencana yang hanya Engkau yang mengetahui, Engkau jauhkan dari kami. Sungguh engkau Maha Mengalahkan dan Maha Mulia.

Semoga Allah senantiasa memberikan rohmat dan keselamatan kepada Nabi Muhammad, keluarga dan sahabatNya.

Catatan : Setelah selesai membaca Surat Yasin 3 kali, kemudian membaca do'a diatas 10 kali.

Doa nisfu sya’ban Versi Sebagian Ulama yang lain:
doa nisfu syaban lain

Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Dan semoga Allah melimpahkan rohmat dan salam kepada junjungan kita Muhammad, para keluarga dan para sahabatNya.

Ya Allah, wahai Dzat yang memberi anugrah, dan tidak menerima anugrah, Dzat Yang Mulia, Yang Maha Dermawan dan memberi nikmat, Tiada Tuhan melainkan Engkau. Telah jelas (bagiNya) orang yang kembali padaNya, yang mohon perlindungan padaNya, yang memohon keselamatan dari orang-orang yang takut dan menjadi tempat segalanya bagi orang-orang yang meminta.

Ya Allah, jika Engkau telah menentukan dalam buku catatanMu aku termasuk orang yang celaka, yang terhalang dari rahmatMu, yang tertolak dari ridloMu, dan disempitkan rizqiku,maka hapuskanlah ketentuan itu. Ya Allah, dengan anugrahMu, (hilangkanlah) ketentuan celaka, terhalang, tertolak dan sempitnya rizqiku. Tentukanlah dalam buku catatanMu, aku termasuk orang yang bernasib baik, mendapat kemudahan rizqi dan mendapat pertolongan untuk melakukan kebajikan. Sungguh benarlah firmanMu dalam kitab yang diturunkan kepada utusanMu, (yang artinya) " Allah telah menghapus apa yang Dia kehendaki dan menetapkannya, disisiNyalah terdapat Ummul Kitab".

Ya Allah, dengan sangat jelas dalam malam pertengahan Sya'ban yang dimuliakan, segala sesuatu (yang akan terjadi) telah dipisah-pisahkan waktu kedatangannya dan ditentukan baik buruknya. (Oleh sebab itu aku memohon) agar bencana / musibah yang kami ketahui atau yang tidak kami ketahui, dan bencana yang hanya Engkau yang mengetahui, Engkau jauhkan dari kami. Sungguh engkau Maha Mengalahkan dan Maha Mulia. Semoga Allah senantiasa memberikan rohmat dan keselamatan kepada Nabi Muhammad, keluarga dan sahabatNya.

Catatan : Setiap selesai membaca Surat Yasin satu kali, maka do'a tersebut dibaca satu kali.

Demikian artikel tentang amalan malam nisfu sya’ban semoga bermanfaat. Amiin.
Share this article :

2 comments:

  1. Assalmkm,,, ijin download ya min. Wassalam

    ReplyDelete
  2. KISAH CERITA AYAH SAYA SEMBUH BERKAT BANTUAN ABAH HJ MALIK IBRAHIM

    Assalamualaikum saya atas nama Rani anak dari bapak Bambang saya ingin berbagi cerita masalah penyakit yang di derita ayah saya, ayah saya sudah 5 tahun menderita penyakit aneh yang tidak masuk akal, bahkan ayah saya tidak aktif kerja selama 5 tahun gara gara penyakit yang di deritanya, singkat cerita suatu hari waktu itu saya bermain di rmh temen saya dan kebetulan saya ada waktu itu di saat proses pengobatan ibu temen saya lewat HP , percaya nda percaya subahana lah di hari itu juga mama temen saya langsung berjalan yang dulu'nya cuma duduk di kursi rodah selama 3 tahun,singkat cerita semua orang yang waktu itu menyaksikan pengobatan bapak kyai hj Malik lewat ponsel, betul betul kaget karena mama temen saya langsung berjalan setelah di sampaikan kepada hj Malik untuk berjalan,subahanallah, dan saya juga memberanikan diri meminta no hp bapak kyai hj malik, dan sesampainya saya di rmh saya juga memberanikan diri untuk menghubungi kyai hj Malik dan menyampaikan penyakit yang di derita ayah saya, dan setelah saya melakukan apa yang di perintahkan sama BPK kyai hj Malik, 1 jam kemudian Alhamdulillah bapak saya juga langsung sembuh dari penyakitnya lewat doa bapak kyai hj Malik kepada Allah subahanallah wataala ,Alhamdulillah berkat bantuan bpk ustad kyai hj Malik sekarang ayah saya sudah sembuh dari penyakit yang di deritanya selama 5 tahun, bagi saudara/i yang mau di bantu penyembuhan masalah penyakit gaib non gaib anda bisa konsultasi langsung kepada bapak kyai hj Malik no hp WA beliau 0823-5240-6469 semoga lewat bantuan beliau anda bisa terbebas dari penyakit anda. Terima kasih

    ReplyDelete

Popular Posts

 
Support : Privacy Policy | Disclaimer
Copyright © 2013. kajian islam - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger