Home » » Doa Nisfu Sya'ban

Doa Nisfu Sya'ban

Written By telaah santri on Wednesday, May 6, 2015 | 9:41 AM

Doa Nisfu Sya'ban

Banyak sekali keutamaan yang dapat kita peroleh apabila mau melaksanakan amalan-amalan di malam nisfu sya’ban, namun begitu kita bebas memilih amalan apa yang akan kita lakukan, salah satunya adalah bahwa pada malam Nishfu Sya'ban disunnahkan untuk mengamalkan do'a Nabi Adam AS sebagai berikut:
Ya Allah, sesungguhnya Engkau mengetahui kerahasiaan dan kejelasan saya, maka terimalah alasan saya, Engkau mengetahui hajat saya, maka kabulkanlah permintaan saya, Engkau mengetahui yang ada pada diri saya, maka ampunilah dosa saya. Ya Allah, sesungguhnya saya memohon kepadaMu iman yang menyentuh hati saya, keyakinan yang benar, sehingga saya mengetahui bahwa sesungguhnya tidak akan mengenai diri saya, kecuali apa yang telah Engkau tentukan, jadikanlah saya menerima atas keputusanMu”.

Alkisah, konon ketika Nabi Adam turun kebumi, ia thowaf dibaitullah selama satu minggu, dan sholat 2 rokaat dibelakang maqom Ibrahim, selanjutnya membaca do'a diatas. Kemudian Alloh SWT memberi wahyu kepadanya,"Wahai Adam, sesungguhnya kamu telah berdo'a kepadaKu, maka aku mengabulkan permohonanmu. Tak seorangpun anak keturunanmu yang berdo'a kepadaku dengan do'a itu, kecuali aku akan mengabulkan do'anya, aku ampuni dosanya, aku hilangkan kesusahannya, aku lipat gandakan pahalanya, dan aku datangkan dunia ini untuk tunduk kepadanya walaupun ia tidak menginginkannya".

Lebih utama pada malam Nisfu Sya'ban (dan bulan Ramadlan) memperbanyak membaca doa Sayyid Wana'i sebagai berikut:
Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pengampun, Maha Mulia, yang senang mengampuni, maka ampunilah saya. Ya Allah, saya memohon kepadaMu (untuk memberikan) ampunan, kesehatan dan keselamatan untuk selamanya didalam agama, dunia dan akhirat".

Dan untuk keselamatan pada malam nisfu Sya'ban doa nabi Yunus AS berikut dibaca 2.375 (dua ribu tiga ratus tujuh puluh lima) kali.
Tiada Tuhan melainkan Engkau, Maha Suci Engkau,sesungguhnya saya bagian dari orang-orang yang menganiaya”.

Fadhilah atau keutamaaya insya Allah sepanjang tahun tersebut akan diselamatkan dari bencana dan musibah, dan dari hal-hal yang menyusahkan.

Hadits riwayat dari Ibnu ' Abbas menyebutkan :
Sesungguhnya do'a saudaraku Yunus sangat mengherankan, yang awal berupa tahlil, yang tengah tasbih dan yang akhir pengakuan dosa, yaitu LAA ILAAHA ILLA ANTA SUBHAANAKA INNI KUNTU MINADZ DZOLIMIN. Tak seorangpun yang sedang susah, yang sedang resah, yang tertimpa musibah dan yang sedang terlilit hutang, (mau) membacanya 3 kali dalam sehari melainkan dikabulkan hajatnya".

Menurut sebagian ulama pada hari pertama bulan Sya'ban, disunnahkan menjalankan sholat sunnah 2 rokaat, dengan metode: Setiap selesai membaca Surat Al Fatihah kemudian membaca Ayat Kursi 10 kali dan ayat:
Fadhilah atau keutamaannya adalah barang siapa yang mau menjalankan ibadah sunnah diatas, maka akan mendapat kenikmatan disurga, dimana mata belum pernah melihat, telinga belum pernah mendengar dan hati belum pernah membayangkan. Selain itu, akan diselamatkan dari kesulitan dunia, mendapat rizqi yang berlimpah dan diberi keselamatan pada hari akhir (hari kiamat).

Malam ke 15 bulan Sya'ban juga disunnahkan menjalankan sholat sunnah 100 rokaat, dengan metode dua rokaat salam, setiap rokaatnya setelah membaca Surat Al- Fatihah kemudian membaca Surat Al-Ihlash 11 kali. Atau dengan metode 10 rokaat, setiap dua rokaat salam dan setelah membaca Surat Al-Fatihah kemudian membaca Surat Al-Ihlash 100 kali.

Selain itu di sunnahkan pula membaca awalnya surat ad-Dukhon, yaitu :
Dibaca 30 kali, mulai malam pertama bulan Sya'ban sampai malam ke 15, kemudian membaca dzikir dan sholawat, selanjutnya berdo'a tentang apa yang diinginkan. Insya Allah akan segera dikabulkan oleh Allah.

Demikian uraian tentang doa nisfu sya'ban dan juga amalan-amalan yang ada di dalamnya, semoga bermanfaat. Amiin.
Share this article :

1 comments:

  1. KISAH CERITA AYAH SAYA SEMBUH BERKAT BANTUAN ABAH HJ MALIK IBRAHIM

    Assalamualaikum saya atas nama Rani anak dari bapak Bambang saya ingin berbagi cerita masalah penyakit yang di derita ayah saya, ayah saya sudah 5 tahun menderita penyakit aneh yang tidak masuk akal, bahkan ayah saya tidak aktif kerja selama 5 tahun gara gara penyakit yang di deritanya, singkat cerita suatu hari waktu itu saya bermain di rmh temen saya dan kebetulan saya ada waktu itu di saat proses pengobatan ibu temen saya lewat HP , percaya nda percaya subahana lah di hari itu juga mama temen saya langsung berjalan yang dulu'nya cuma duduk di kursi rodah selama 3 tahun,singkat cerita semua orang yang waktu itu menyaksikan pengobatan bapak kyai hj Malik lewat ponsel, betul betul kaget karena mama temen saya langsung berjalan setelah di sampaikan kepada hj Malik untuk berjalan,subahanallah, dan saya juga memberanikan diri meminta no hp bapak kyai hj malik, dan sesampainya saya di rmh saya juga memberanikan diri untuk menghubungi kyai hj Malik dan menyampaikan penyakit yang di derita ayah saya, dan setelah saya melakukan apa yang di perintahkan sama BPK kyai hj Malik, 1 jam kemudian Alhamdulillah bapak saya juga langsung sembuh dari penyakitnya lewat doa bapak kyai hj Malik kepada Allah subahanallah wataala ,Alhamdulillah berkat bantuan bpk ustad kyai hj Malik sekarang ayah saya sudah sembuh dari penyakit yang di deritanya selama 5 tahun, bagi saudara/i yang mau di bantu penyembuhan masalah penyakit gaib non gaib anda bisa konsultasi langsung kepada bapak kyai hj Malik no hp WA beliau 0823-5240-6469 semoga lewat bantuan beliau anda bisa terbebas dari penyakit anda. Terima kasih

    ReplyDelete

Popular Posts

 
Support : Privacy Policy | Disclaimer
Copyright © 2013. kajian islam - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger