Home » » Siapa yang diperintah puasa

Siapa yang diperintah puasa

Written By bloger Muslim on Friday, March 6, 2015 | 5:54 PM

Kepada Siapa Puasa di Perintahkan

Sebagian kalangan mempermasalahkan tentang siapa sebenarnya yang mendapat perintah untuk melaksanakan puasa mengingat ayat yang paling populer adalah bahwa puasa di perintahkan pada orang-orang mukmin, lantas bagaimana dengan orang kafir?.
Ayat yang dimaksud adalah QS 2. Al-Baqarah: 183).

“Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu puasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.”


Dari ayat terebut jelaslah bahwa kewajiban puasa bukan atas kita, umat Muhammad Saw. saja; melainkan juga atas orang-orang atau ummat sebelum kita. Umat sebelum kita, menurut para ahli tafsir, adalah orang Yahudi dan ada sejak Adam a.s., meskipun cara dan waktunya tidak sama seperti puasa Ramadhan kita.

Menurut apa yang tersurat dan tersirat dalam ayat tersebut, perintah puasa memang ditujukan kepada orang-orang yang beriman. Dan dalam kitab-kitab pun, kewajiban puasa memang ditujukan kepada orang-orang yang sudah Islam. Artinya orang Islam atau orang yang pernah Islam, sedangkan orang kafir tidak. Meskipun ada juga pendapat yang menyatakan bahwa orang kafir juga terkena perintah, akan tetapi syarat wajib puasanya adalah Islam.

Demikian sedikit uraian tentang Kepada Siapa Puasa di Perintahkan semoga barokah. Amiin.
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Blog Archive

 
Support : Privacy Policy | Disclaimer
Copyright © 2013. kajian islam - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger